Rabu, 05 Oktober 2016

KD.1 .Memahami Gelombang Radio Sebagai Media Penyalur Data

1. Pengertian Dasar Gelombang

Gelombang adalah getaran (atau osilasi yaitu suatu gerakan bolak-balik secara periodek) yang merambat. 


macam-macam gelombang

     - Gelombang mekanis yaitu: gelombang yang memerlukan medium atau perantara.
     - Gelombang elektromagnetik yaitu: gelombang yang tidak memerlukan medium atau perantara.
     - Gelombang Radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek              bermuatan listrik dari gelombang osilator dimodulasi (merubah).

 Frekuensi gelombang adalah jumlah gelombang yang melewati titik tetap dalam jumlah waktu tertentu.
  • Panjang gelombang (λ) merupakan jarak yang ditempuh gelombang dalam 1 periode. Atau besarnya jarak satu bukit satu lembah. Gelombang air laut saat mendekati pantai akan berubah panjang gelombangnya.
  • Frekuensi adalah jumlah gelombang yang melalui suatu titik dalam satu satuan waktu. Misalkan untuk mencapai suatu jarak tertentu, semakin panjang gelombang, semakin rendah frekuensinya. Dan sebaliknya, semakin pendek gelombang, semakin tinggi frekuensi yang diperlukan.
  • Kecepatan = Frekuensi * Panjang Gelombang
Pengertian Singkat Radio AM dan Radio FM

Sebagai informasi tambahan, saat ini 2 jenis siaran Radio Komersial paling sering kita temui di perangkat penerima Radio adalah Radio AM dan Radio FM. 

Yang dimaksud dengan AM (Amplitude Modulation) adalah proses memodulasi sinyal Frekuensi Rendah pada gelombang Frekuensi tinggi dengan mengubah Amplitudo Gelombang Frekuensi Tinggi (Frekuensi pembawa) tanpa mengubah Frekuensinya.

Sedangkan yang dimaksud dengan FM (Frequency Modulation) adalah proses mengirimkan sinyal Frekuensi rendah dengan cara memodulasi gelombang Frekuensi tinggi yang berfungsi sebagai gelombang pembawa. 

Jadi yang membedakan antara AM dan FM adalah proses yang digunakan dalam memodulasi Frekuensi tinggi sebagai Frekuensi pembawanya.



 AM (Amplitudo Modulation) Modulasi ini menggunakan amplitudo sinyal analog untuk membedakan kedua sinyal digital, mengatur tinggi rendahnya sinyal.

 FM (Frequency Modulation) Modulasi ini menggunakan Frequency sinyal analog untuk membedakan kedua sinyal digital, mengaturmengatur kecepatan transfer data 1200 bit per second.

ASK (Amplitudo Shift Keying) pengiriman sinyal berdasarkan pergeseran amplitudo/ metode dengan mengubah-ubah amplitudonya (Tinggi/Rendahnya)

FSK (Frekuensi Shift Keying) pengiriman frekuensi, memungkinkan gelombang mengatur frek output gelombang pembawa (Merubah kerapatan)

PSK (Phase Shift Keying) metode modulasi fase gelombang diantara nilai-nilai diskrit yang telah ditetapkan sebelumnya (Merubah Sudut Gelombang)

CDMA Code Division Multiple Access (sinyal yang dibagi bagi sehingga mengantarkan lebih banyak data)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar